1.
Teknik pengumpulan data.
Untuk
mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah kuisioner (angket) yang digunakan
untuk mendapatkan informasi tentang peranan mata kuliah micro teaching terhadap
pelaksanaan PLK. Data primer yang diperoleh langsung dari responden melalui
daftar pertanyaan berupa angket dengan langkah – langkah sebagai berikut:
a. membuat angket yang disertai dengan
pertanyaan.
b. melakukan uji coba angket.
c. menyebarkan angket
d. Pengumpulan angket yang telah diisi.
e. Pengecekan hasil angket.
f. Melakukan pengolahan data.
2. Alat Pengumpulan Data (Instrumen).
Instrumen
yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa angket.angket tersebut
disusun dengan model skala likert yang dinyatakan oleh Thucam yakni skala yang
terdiri dari lima angka dimana interval diantara setiap angka pada skala
tersebut diasumsikan sama. Skala ini digunakan untuk mengatur tingkat frekuensi
yang sangat tinggi, didasarkan pada asumsi bahwa jawaban yang ada pada skala
merupakan ukuran kuantitatif.
Angket yang
digunakan adalah angket tertutup, yaitu jawabannya sudah disediakan dan
responden tinggal memilih salah satu jawaban alternatif tersebut. Untuk
pernyataan positif masing – masing diberi skor dengan urutan 5,4,3,2,1.
sedangkan untuk pernyataan negatif diberi skor dengan urutan 1,2,3,4,5. dalam
angket tersebut ada lima alternatif jawaban yaitu:
1. Sangat setuju (ST) dikualisifikasikan
sangat baik (SB)
2. Setuju (S) dikualisifikasikan baik (B)
3. Ragu – ragu (RR) dikualisifikasikan sedang
(SD)
4. Tidak setuju (TS) dikualisifikasikan
kurang (K)
5. Sangat tidak setuju (STS)
dikualisifikasikan kurang (SK)
Penyusunan
kuesioner dilakukan dengan langkah : (1) pembuatan kisi – kisi berdasarkan variabel, (2) menyusun butir –
butir pertanyaan, (3) melakukan analisis rasional untuk melihat kesesuaian
butir – butir pertanyaan dengan variabel.
0 Comments:
Post a Comment