Pada hakekatnya mata kuliah micro teaching memberikan
kontribusi terhadap hasil belajar PLK karena kegiatan-kegiatan yang ditemui
dalam PLK sudah dipelajari dalam mata kuliah micro teaching. Sebagaimana yang dikemukakan
oleh S.L La Sulo (1984:14) yaitu program praktek mengajar dalam pengajaran
mikro (micro teaching) merupakan bagian dari program pengalaman lapangan yang
berusaha untuk menimbulkan, mengembangkan serta membina keterampilan tertentu
dari calon guru dalam menghadapi kelas. Pada dasarnya kegiatan ini dapat
diperoleh mahasiswa dalam melaksanakan PLK dan tergantung kepada mahasiswa yang
melaksanakan PLK itu sendiri.
Rumusan belajar pada manusia menurut W.S. Winkel
(1984:36) adalah suatu aktifitas mental/psikis yang berlangsung dalam interaksi
aktif dengan lingkungan yang menghasilkan perubahan dalam pengetahuan,
pemahaman, keterampilan dan nilai sikap. Perubahan itu bersifat secara relatife
konstan dan berbekas.
Perubahan-perubahan itu dapat berupa suatu hasil yang
baru ataupun penyempurnaan terhadap hasil yang diperoleh. Hasil belajar dapat
berupa hasil utama dapat juga berupa hasil sebagai efek samping. Hasil belajar
diperoleh seseorang dapat diketahui dari prestasi belajarnya.
0 Comments:
Post a Comment