Yukan'na Shinju

Inspirasi dan Realitas

  • Home
  • Business
    • Internet
    • Market
    • Stock
  • Parent Category
    • Child Category 1
      • Sub Child Category 1
      • Sub Child Category 2
      • Sub Child Category 3
    • Child Category 2
    • Child Category 3
    • Child Category 4
  • Featured
  • Health
    • Childcare
    • Doctors
  • Home
  • Business
    • Internet
    • Market
    • Stock
  • Downloads
    • Dvd
    • Games
    • Software
      • Office
  • Parent Category
    • Child Category 1
      • Sub Child Category 1
      • Sub Child Category 2
      • Sub Child Category 3
    • Child Category 2
    • Child Category 3
    • Child Category 4
  • Featured
  • Health
    • Childcare
    • Doctors
  • Uncategorized

Thursday, 25 April 2019

Karakteristik Setiap Fase Perkembangan Gerak

 Arie Asnaldi     25 April     No comments   

Perkembangan gerak terbagi pada 4 fase ialah fase oroh, fase bayi, fase prasekolah, fase anak sekolah. Adapun karakteristik atau sifatnya masing – masing sebagai berikut :

1.        Fase oroh
Perkembangan pada fase oroh yang memiliki karakteristik perkembangan yaitu perkembangan fisik, kegiatan-kegiatan oroh, vokalisasi, perkembangan kepribadian.
Perkembangan fisik pada fase orok meliputi : berat badan kira kira 3.5 kg, panjang 50 cm, kepala ¼ seperempat panjang badan. Dan kegiatan fase oroh menyangkut kegiatan umum seluruh tubuh dan kegiatan reflek adapun vokalisasinya dimulai dengan menangis dan suaranya menyerupai pernapasan yang berat kemudian berubah menjadi ocehan. Dan perkembangan kepribadiannya berasal dari sifat kebakaan, dipengaruh faktor lingkungan, dan pada usia ini muncul “sence of trust” muncul ketergantungan terhadap ibu

2.        Fase bayi
Fase bayi meliputi perkembangan fisik, perkembangan intelegensi, perkembangan emosi, perkembangan bahasa, perkembangan sosial, perkembangan kepribadian, perkembangan moral, perkembangan kesadaran beragama

            Perkembangan Fisik Fase bayi
ü  Pertumbuhan cepat pada tahun pertama
ü  Bayi laki / perempuan sama
ü  Pertumbuhan gigi
ü  Pertumbuhan otak
ü  Organ keindraan tumbuh cepat
ü  Fase fisiologis mulai terbentuk
ü  Perkembangan penguasaan otot – otot

Perkembangan Intelligensi
ü  Fungsi inteligensi mulai tampak dari gerak dan tingkah lakunya
ü  Dapat mengenal obyek disekitarnya
ü  Anak yang cerdas menunjukkan kegiatan yang serasi, lancar dan koordinasi

Perkembangan Emosi
ü  Usia 0 – 8 minggu dikuasai oleh emosi
ü  Usia 8 minggu – 1 tahun perasaan psikis mulai berkembang
ü  Usia 1 tahun – 3 tahun emosi sudah mulai terarah, perkembangan bahasa mulai sejajar, bersifat labil, mudah dipengaruhi (tersulut)

Perkembangan bahasa
ü  Menangis
ü  Mengoceh
ü  Isyarat

Perkembangan bermain
ü  Bermain atau kegiatan yang menimbulkan kesenangan dimulai dari bentuk yang paling sederhana
ü  Bersifat bebas
ü  Pada tahun kedua permainan sudah mulai teratur bentuknya

Perkembangan pengertian
  ü  Pada permulaan hidupnya bayi tidak mengetahui tentang apa yang ada di lingkungannya.
  ü  Memperoleh pengertian dari apa yang diamati melalui kematangan dan belajar


Perkembangan kepribadian
  ü  Bersikap egosentris
  ü  Masih bersifat naluri

Perkembangan moral
  ü  Belum tahu baik dan buruk pada saat baru dilahirkan
  ü  Tingkah laku masih didorong hal yang bersifat naluriah

Perlu ditanamkan konsep moral antara lain:
  ü  Member pujian, ganjaran
  ü  Member hukuman

Perkembangan kesadaran beragama
  ü  Bayi sudah mempunyai perasaan ketuhanan
Maka perlu :
  ü  Penanaman konsep –konsep/ nilai – nilai agama
  ü  Kasih sayang
  ü  Member ontoh yang baik



  • Share This:  
  •  Facebook
  •  Twitter
  •  Google+
  •  Stumble
  •  Digg

Related Posts:

  • Standar BB & Ambang Batas Gizi … Read More
  • Fungsi Fundamental Manajemen Secara umum manajemen dapat disimpulkan; manajemen merupakan sebuah proses yang terdiri dari tindakan perencanaan, pengorganisasian, menggerakkan dan… Read More
  • MENGELOLA PERUBAHAN, KONLFIK DAN BURNOUT Perubahan adalah suatu yang konstan dalam organisasi. Para manejer harus berpartisipasi dan menggunakan perubahan untuk mengarahkan kembali organisas… Read More
  • Alam Takambang jadi Guru Kaitkan semboyan „tut wuri handayani“ dan „alam takambang jadi guru“ dengan teori-teori J.Piaget, John Dewey dan J.J. Rousseau dalam pendidikan. Be… Read More
  • PENERAPAN UNDANG-UNDANG SISTEM KEOLAHRAGAAN NASIONAL Prinsip dasar hukum olahraga telah dijelaskan dalam BAB VI. Bab ini memakai prinsip tersebut untuk kasus hukum olahraga yang sebenarnya. Penggunaan … Read More
Newer Post Older Post Home

0 Comments:

Post a Comment

Followers

Popular Posts

  • Tentang BloG
    Terimakasih Bagi Kamu yang sudah berkunjung ke Blog ini, hapan bisa memberikan informasi yang lebih baik. dalam sebuah literasi yang ada. B...

Translate

Pageviews

12474

Subscribe Here

Sign up here with your email.

Categories

  • Ilmu Melatih
  • Karate
  • Karateka
  • Kata Jion
  • Kerjurnas Forki
  • Kondisi Fisik
  • Optimalisasi Latihan Fisik Karate
  • Program Latihan
  • WKF
  • Home
  • About
  • Contact

Video Of Day

Social Plugin

  • facebook
  • twitter
  • pinterest
  • instagram
  • vk
  • youtube
  • instagram
  • youtube
  • whatsapp
  • rss

Fashion[oneright]

  • Ilmu Melatih
  • Karate
  • Karateka
  • Kata Jion
  • Kerjurnas Forki
  • Kondisi Fisik
  • Optimalisasi Latihan Fisik Karate
  • Program Latihan
  • WKF

Tag Cloud

  • Ilmu Melatih
  • Karate
  • Karateka
  • Kata Jion
  • Kerjurnas Forki
  • Kondisi Fisik
  • Optimalisasi Latihan Fisik Karate
  • Program Latihan
  • WKF

Categories

  • Ilmu Melatih 5
  • Karate 7
  • Karateka 7
  • Kata Jion 1
  • Kerjurnas Forki 2
  • Kondisi Fisik 6
  • Optimalisasi Latihan Fisik Karate 6
  • Program Latihan 1
  • WKF 6

Advertisement

Advertisement

About Me

  • Arie Asnaldi
  • Arie Asnaldi

Jurnal Berkarya

Jurnal Berkarya

Jurnal Humanities

Jurnal Humanities

IJKPE

IJKPE

Copyright © 2025 Yukan'na Shinju | Powered by Blogger
Design by Hardeep Asrani | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Distributed By Gooyaabi Templates