Menurut harahap (2004 : 189)Analisis keterampiLan yaitu memecahkan / menguraikan sesuatu permasaahan yang ada dalam keterampilan seorang anak.
2.Mengamati
Pada saat kita menganalisis seorang anak tentu kita akan mengamati suatu keterampilan anak tersebut.Contohnya kita suruh anak melakukan passing bawah dalam permainan bola voly, disanalah kita akan mengamati keterampian seorang anak tadi, yang mana kalau ada kesalahan dalam teknik tersebut maka kita akan membenahinya, itulah fungsi dari kita mengamati keterampilan anak tadi.
3.Menentukan penyebab kesalahan dan cara pemecahannya?
a.Kesalahan akibat keterpaksaan,
Ada beberapa artikel/buku motorik yang saya bacakan bahwasanya kesalahan yang terjadi akibat keterpaksaan itu sangat sering terjadi, akibat keterpaksaan itu sering terjadi karena adanya suatu keterpaksaan di dalam diri kita dalam melakukan kegiatan itupasti tidak akan mencapai hasil yang maksimal, karena keterpaksaan tadi, bisa jadi seorang anak letih,capek,dll. Sehingga mengikuti suatu kegiatan tidak sepenuh hatinya, jadi solusinya ikutilah dengan sepenuh hati tanpa adanya keterpaksaan didaam diri kita.
b.Pemahaman tentang kesalahan ,
Menurut MEZGER yaitu suatu keinginan yang belum bisa kita terpenuhi/tercapai, maksudnya pada saat kita menerapkan sesuatu kepada seorang anak, akan tetapi apa yang kita inginkan tidak terpenuhi/tidak menepati sasaran .maka solusinya yaitu pahami terebih dahulu apa yang ingin kita terapkan kepada anak tersebut dan buatah semenarik mungkin supaya lebih menarik dan mudah dipahami.
c.Pelaksanaan kesalahan ,
Dalam sebuah artikel mengatakan bahwa dalam suatu keterampilan motorik sering terjadi kesalahan dalam penerapan tentunya oada saat melakukan penguangan.Contohnya pada saat melakukan pengulangan dengan cara teknik passing atas dalam permainan bola volly, disana bahwasanya masih banyak yang melakukan kesalahan seperti kaki yang kurang ditekuk, bola masih dibawah kepala saat meakukan passing atas .
d.Kesalahan inderawi,
Menurut artikel mengatakan bahwa keterampilan suatu motorik sangat dipengaruhi oleh panca indera nya yang bermasaah.Contohnya kesaahn yang terjadi pada indera pendengaran yaitu telinga,pada saat melakukan proses latihan yang paling utama itu komunikasi, bagaimana melakukan komunikasi yang jelas sedangkan indera pendengaran nya saja terganggu, mungkin itu salah satu terjadi kesalahan pd indera pendengaran.
0 Comments:
Post a Comment