Yukan'na Shinju

Inspirasi dan Realitas

  • Home
  • Business
    • Internet
    • Market
    • Stock
  • Parent Category
    • Child Category 1
      • Sub Child Category 1
      • Sub Child Category 2
      • Sub Child Category 3
    • Child Category 2
    • Child Category 3
    • Child Category 4
  • Featured
  • Health
    • Childcare
    • Doctors
  • Home
  • Business
    • Internet
    • Market
    • Stock
  • Downloads
    • Dvd
    • Games
    • Software
      • Office
  • Parent Category
    • Child Category 1
      • Sub Child Category 1
      • Sub Child Category 2
      • Sub Child Category 3
    • Child Category 2
    • Child Category 3
    • Child Category 4
  • Featured
  • Health
    • Childcare
    • Doctors
  • Uncategorized

Tuesday, 15 September 2015

Praktek Lapangan Kependidikan

 Arie Asnaldi     15 September     No comments   


Praktek lapangan kependidikan dilaksanakan dalam upaya memberikan pengalaman dibidang aplikasi teori yang dipelajari di kampus, sehingga akan memantapkan dan melengkapi pengalaman bekerja mahasiswa. Dalam buku petunjuk pelaksanaan PPL 2005 praktek lapangan kependidikan merupakan kegiatan pelatihan untuk menerapkan berbagai pengetahuan, sikap dan keterampilan dalam melaksanakan pendidikan prajabatan keguruan. Program ini dirancang untuk melatih mahasiswa menguasai kemampuan keguruan yang utuh dan terintegrasi, sehingga setelah menyelesaikan pendidikan mereka siap menjadi calon guru yang profesional.
Dari pendapat di atas jelaslah bahwa praktek lapangan kependidikan itu bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki kemampuan menggunakan ilmu yang dipelajari dalam situasi nyata, baik untuk kegiatan mengajar maupun tugas-tugas Non mengajar.
Pada dasarnya kegiatan Praktek Lapangan Kependidikan harus mengacu kepada peningkatan pengetahuan dan keterampilan mahsiswa di bidangnya masing-masing. Bentuk kegiatan bervariasi menurut tuntutan bidang studi mahasiswa dan kewenangan yang diberikan oleh pihak sekolah latihan. Sikap mahasiswa yang melaksanakan PLK diharapkan mempunyai inisiatif yang tinggi mengadakan pendekatan kepada pihak sekolah latihan, sehingga mereka terlibat langsung dalam semua atau sebagian kegiatan. Kemudian kegiatan tersebut dibagi atas sub-sub bagian, agar memudahkan mahasiswa mempedomaninya. Selanjutnya akan ditinjau kegiatan dan sub-sub bagian dari program PLK, sebagai berikut :
a.       Kegiatan di Bidang Orientasi
Kegiatan orientasi adalah serangkaian kegiatan yang menuntut mahasiswa mengenal dengan baik seluruh aspek yang ada di sekolah latihan (fisik, administrasi, akademik, dan sosial) sebelum kegiatan mengajar dan kependidikan lainnya dimulai. Kegiatan pengenalan lapangan yang dibimbing oleh Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru Pamong dan Dosen Pembimbing ini meliputi perencanaan, pelaksanaan dan penelaahan hasil orientasi. Informasi diperoleh melalui observasi, wawancara, analisis dan dokumentasi. Pada masa orientasi mahasiswa harus menyiapkan program atau jadwal selama PLK, membuat satuan pengajaran (SP), rencana pembelajaran (RP), instrumen yang akan digunakan dalam latihan mengajar selama PLK, SP, dan RP itu disusun dengan bimbingan Guru Pamong dan Dosen Pembimbing.
b.       Latihan Mengajar Terbimbing
Kegiatan mengajar terbimbing meliputi :
1.       Merencanakan dan menyusun analisis materi pelajaran, satuan pengajaran, rencana pengajaran dan perangkat lainnya sesuai dengan kurikulum berbasis kompetensi.
2.       Memilih dan menggunakan strategi mengajar.
3.       Merancang dan membuat alat peraga.
4.       Melaksanakan kegiatan latihan mengajar.
5.       Melakukan penilaian terhadap kegiatan belajar siswa.
6.       Menganalisis dan mendiskusikan pelaksanaan pengajaran tersebut dengan Guru Pamong dan Dosen Pembimbing.
c.        Latihan Mengajar Mandiri
Dalam kegiatan ini Guru Pamong dan Dosen Pembimbing sudah mengurangi peran supervisinya, tetapi dalam waktu-waktu tertentu perlu dilakukan bimbingan agar mahasiswa dapat melakukan refleksi secara lebih mendalam atas pengalaman-pengalamannya dalam latihan.

d.       Kegiatan Kependidikan Lainnya
Kegiatan kependidikan lainnya merupakan kegiatan mahasiswa PLK di luar kegiatan mengajar yang bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa berkenaan dengan hal yang mendukung kegiatan-kegiatan pendidikan secara umum yang menunjang keberhasilan program pengajaran.
Kegiatan kependidikan lainnya meliputi :
1.       Melibatkan diri secara aktif dalam kegiatan sekolah seperti upacara bendera, koperasi, laboratorium, kepustakaan dan upacara peringatan hari besar.
2.       Mengetahui struktur dan tata kerja sekolah, BP3, OSIS dan Dinas Pendidikan.
3.       Merencanakan dan melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler seperti pramuka, UKS, Palang Merah Remaja, dan minat bakat di bidang Olahraga.
4.       Mengerjakan tugas administrasi di kelas dan sekolah seperti daftar hadir, dan daftar nilai.
e.        Ujian Akhir Praktek Mengajar
Ujian akhir praktek mengajar dilaksanakan jika Guru Pamong dan Dosen Pembimbing sepakat bahwa mahasiswa cukup mandiri dan menyatakan siap untuk di uji.


f.         Kegiatan Dibidang Penulisan Laporan PLK
Penulisan laporan PLK berisi tentang pengalaman selama praktek di sekolah latihan yang meliputi kelemahan dan kelebihan sekolah latihan serta meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang materi ajar sesuai denga kurikulum di sekolah.
Sebelum mahasiswa mengikuti pelaksanaan PLK ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi yaitu :
1.       Telah menyelesaikan mata kuliah 110 sks untuk program S1 yang dibuktikan dengan foto copy lembaran hasil studi (LHS) semester sebelumnya.
2.       Telah lulus mata kuliah micro teaching dengan minimal nilai B.
3.       Terdaftar mahasiswa UNP dibuktikan dengan KRS semester yang bersangkutan.
4.       Harus mengikuti “kegiatan pelatihan dan pertemuan persiapan”.
5.       Mahasiswa yang melaksankan PLK, hanya diperbolehkan mengambil mata kuliah skripsi.
  • Share This:  
  •  Facebook
  •  Twitter
  •  Google+
  •  Stumble
  •  Digg

Related Posts:

  • Padangan Konsep Bermain Bermain 1.     Pengertian Bermain Menurut Gallahue dan Hartati dalam Masdarita (2013:27) mengatakan bahwa “bermain adalah s… Read More
  • Hakikat olahraga Gerak manusia, dalam gerak manusia mampu menghasilkan dan mampu bermanfaat sebagaimana mestinya. Manusia merupakan makhluk yang membutuhkan pembela… Read More
  • Tahap Sensorik-motorik Mengajar     sering     diistilahkan     dengan pembelajaran    dalam&n… Read More
  • MOTOR ABILITY DAN KONSENTRASI Kemampuan gerak dalam proses, penulis melihat secara realitas masih banyak karateka melakukan gerak kihon masih dalam keraguan sehingga gerak yang d… Read More
  • Sehat & Momen Bahagia Semangat Mengapai Masa Depan Minum energi dalam aktivitas latihan dan bertanding sangat menjadi candu bagi atlet atau pemain. Dengan menseat yang… Read More
Newer Post Older Post Home

0 Comments:

Post a Comment

Followers

Popular Posts

  • Kemampuan Motorik Siswa Sekolah Dasar
    Dalam lingkungan penmdidikan jasamani kemampuan motorik sangat perlu dibicarakan, sebab ia merupakan bagian ranah psikomotorik. dan penge...
  • Teknik dan alat Pengumpulan Data
    1.       Teknik pengumpulan data . Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah kuisioner (angket) yang digunakan untuk mendapatk...
  • SOCHIN – LAMBAT & CEPAT
    Shōtōkan Karate Kata Nama Sochin tidak hanya mengacu pada postur (Sochin dachi atau Fudo dachi), tetapi yang terpenting mencerminkan karakte...
  • PPG 2023 Yes & PNS No
      Syarat PPG Prajabatan Gelombang 2 Program PPG Prajabatan Gelombang 2 terbuka untuk calon mahasiswa dengan persyaratan sebagai berikut: 1...

Translate

Pageviews

12492

Subscribe Here

Sign up here with your email.

Categories

  • Ilmu Melatih
  • Karate
  • Karateka
  • Kata Jion
  • Kerjurnas Forki
  • Kondisi Fisik
  • Optimalisasi Latihan Fisik Karate
  • Program Latihan
  • WKF
  • Home
  • About
  • Contact

Video Of Day

Social Plugin

  • facebook
  • twitter
  • pinterest
  • instagram
  • vk
  • youtube
  • instagram
  • youtube
  • whatsapp
  • rss

Fashion[oneright]

  • Ilmu Melatih
  • Karate
  • Karateka
  • Kata Jion
  • Kerjurnas Forki
  • Kondisi Fisik
  • Optimalisasi Latihan Fisik Karate
  • Program Latihan
  • WKF

Tag Cloud

  • Ilmu Melatih
  • Karate
  • Karateka
  • Kata Jion
  • Kerjurnas Forki
  • Kondisi Fisik
  • Optimalisasi Latihan Fisik Karate
  • Program Latihan
  • WKF

Categories

  • Ilmu Melatih 5
  • Karate 7
  • Karateka 7
  • Kata Jion 1
  • Kerjurnas Forki 2
  • Kondisi Fisik 6
  • Optimalisasi Latihan Fisik Karate 6
  • Program Latihan 1
  • WKF 6

Advertisement

Advertisement

About Me

  • Arie Asnaldi
  • Arie Asnaldi

Jurnal Berkarya

Jurnal Berkarya

Jurnal Humanities

Jurnal Humanities

IJKPE

IJKPE

Copyright © 2025 Yukan'na Shinju | Powered by Blogger
Design by Hardeep Asrani | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Distributed By Gooyaabi Templates