Pada
tahapan sekolah dasar seorang guru harus memperhatikan kemampuan yang mendasar
pada siswa atau muridnya. Dalam Proses bertujuan untuk mengembangkan bentuk dan
persiapan latihan yang dapat meningkatkan kepada kemampuannya gerakan. Salah satu
contoh dalam latihan yang diberikan dalam kegiatan ekstrakurikuler seorang guru
olahraga tidak harus mengusasi seluruh gerakan dasar karete namun cukup
sebagaian saja dalam gerak yang akan diajarkan pada siswa dalam proses
pembelajaran untuk pengembangan diri, seperti yang disampaikan.
Selanjutnya
Asnaldi (2018) “Di sekolah dasar penekanan pada tujuan untuk mengenal dan
mengermari serta menyenangi olahraga. Misalnya saja olahraga pendidikan yang
diberikan pada proses pembelajaran yang dirancang khusus dalam kurikulum di
sekolah dasar yaitu dalam mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan,
(penjasorkes) yang menekankan pencapaian tujuan pendidikan”. (Arie Asnaldi, Zulman, Madri
M, 2018).
Karena
pada prinsipdasarnya pabila guru sudah melihat sebuah keraguan ataupun
kesulitan siswa dalam melakukan sebuah gerakan maka disini guru harus menumuka alternative
pemecahan masalah dari ketidak mampuan siswa tersebut. Hal senada dengan yg
disampai Asnaldi (2019) “Kemampuan gerak dalam proses, penulis melihat secara
realitas masih banyak karateka melakukan gerak kihon masih dalam keraguan
sehingga gerak yang ditampil telihat kaku dan terhambat, karateka hanya
memperhatikan gerak yang diperaga oleh pelatih dan melakukan gerakan tersebut
sesuai instruksi. Setalah berlatih gerakan-gerakan dasar (kihon) barulah
karateka diberikan pengenal kata”. (Asnaldi, Olahraga,
Keolahragaan, & Padang, 2019)
Aktivitas
fisik merupakan bagian dari kegiatan olahraga yang mencerminkan keadaan
seseorang dalam merealisasikan kemampuan dalam berolahraga. Dalam hal ini dari
segi kemampouan daya tahan mereka saja kita perhatikan sangat manja sekali
mereka dalam melakukan rutinitas yang seharus bias berjalan kaki dengan jarak
kurang dari 1 Km, namun Karena tuntutan aktivitas mereka dengan gaget sehingga
harus naik ojek agar cepat pulang danperginya. Menurut Rika (2016) Daya tahan
(endurance) diartikan sebagai kesanggupan bekerja dengan intensitas tertentu
dalam rentangan waktu yang cukup lama, tanpa kelelahan yang berlebihan. (Padang), 2016).
Pada
saat ini banyak masyarakat sudah mengatakan bahwa ini adalah zaman digitalisasi
sehingga aktivitas yg dilakukan oleh masyakarakta pada umumnya ataupu pada
siswa pada khususnya bukan hal tidak mampu saja akan tetapi tekanan psikologi
yang mereka tidak mampu keluar dari lingkaran tersebut sehingga masih besar
pengaruh teknologi dalam akativitasnya.
Asnaldi
(2016) “Seiring berjalannya waktu perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi
dewasa ini yang berlangsung dengan cepat, banyak menyebabkan pergeseran nilai-nilai
kehidupan, baik itu nilai sosial, budaya,ekonomi, politik bahkan tanpa terkecuali
nilai-nilai olahraga itu sendiri”. (Arie Asnaldi; & Padang),
2016)
Arie Asnaldi, Zulman, Madri M, (FIK-Universitas Negeri
Padang. (2018). HUBUNGAN MOTIVASI OLAHRAGA DAN KEMAMPUAN MOTORIK DENGAN HASIL
BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 16
SINTOGA KECAMATAN SINTUK TOBOH GADANG KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Jurnal
Menssana, 3(2), 16–27.
Arie Asnaldi;, & Padang), (Jurusan Pendidikan Olahraga
Prodi. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Ilmu Keolahragaan;
Universita Negeri. (2016). HUBUNGAN PENDEKATAN LATIHAN MASSED PRACTICE DAN
DISTRIBUTED PRACTICE TERHADAP KETEPATAN PUKULAN LOB PEMAIN BULUTANGKIS. Jurnal
Menssana, 1(2), 20–27.
Asnaldi, A., Olahraga, J. P., Keolahragaan, F. I., &
Padang, U. N. (2019). Sosialisasi Program Latihan Motor Ablity Kepada Asisten
Pelatih Dojo Lembaga Karate-Do Indonesia Se-Kecamatan Koto Tangah. Jurnal
Berkarya Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 67–74. Retrieved from
http://jba.ppj.unp.ac.id/index.php/jba/article/view/33/8
Padang), R. S. R. A. A. (Jurusan P. O. F. I. K. U. N. (2016).
EFEKTIVITAS MINUMAN ENERGI TERHADAP DAYA TAHAN AEROBIK. Sporta Saintika,
1(2), 175–188. Retrieved from
http://http//sportasaintika.ppj.unp.ac.id/index.php/sporta/article/view/40/13.ppj.unp.ac.id/index.php/sporta/article/view/40/13
0 Comments:
Post a Comment