Yukan'na Shinju

Inspirasi dan Realitas

  • Home
  • Business
    • Internet
    • Market
    • Stock
  • Parent Category
    • Child Category 1
      • Sub Child Category 1
      • Sub Child Category 2
      • Sub Child Category 3
    • Child Category 2
    • Child Category 3
    • Child Category 4
  • Featured
  • Health
    • Childcare
    • Doctors
  • Home
  • Business
    • Internet
    • Market
    • Stock
  • Downloads
    • Dvd
    • Games
    • Software
      • Office
  • Parent Category
    • Child Category 1
      • Sub Child Category 1
      • Sub Child Category 2
      • Sub Child Category 3
    • Child Category 2
    • Child Category 3
    • Child Category 4
  • Featured
  • Health
    • Childcare
    • Doctors
  • Uncategorized

Sunday, 5 May 2019

Rancangan Standar Unit Kompetensi Memberikan latihan Kondisi Fisik

 Arie Asnaldi     05 May     No comments   


1.   Elemen Dan Kriteria Unjuk Kerja

No

Elemen

Kriteria Unjuk Kerja

1

Menyusun dan menerapkan sistem latihan kondisi fisik umum
1.1.    Analisa dilakukan terhadap kebutuhan-kebutuhan latihan kondisi fisik umum
1.2.    Sistem dan materi latihan kondisi fisik umum dikomunikasikan kepada peserta latih
1.3.    Sistem dan materi latihan fisik umum diterapkan kepada peserta latih

2

Menyusun dan menerapkan sistem latihan kondisi fisik khusus
2.1.   Sistem latihan kondisi fisik khusus disusun untuk peserta latih
2.2.   Sistem latihan kondisi fisik khusus diterapkan bagi peserta latih

3

Melakukan modifikasi sistem latihan fisik
3.1.   Modifikasi sistem latihan kondisi fisik dilakukan sesuai dengan kemajuan kinerja peserta latih
3.2.   Evaluasi dilakukan terhadap sistem latihan kondisi fisik terhadap kinerja peserta latih
  2.     Batasan Variabel

No

Batasan Variabel


Kategori

1

Tahap-tahap latihan kondisi fisik
Ø  Persiapan fisik umum
Ø  Persiapan fisik khusus
Ø  Peningkatan kemampuan kualitas Kondisi

2

Program latihan untuk mempersiapkan kondisi fisik umum
Ø  Latihan lari
Ø  Latihan senam
Ø  Latihan gabungan
Ø  Latihan pemanasan, peregangan dan pendinginan

3

Gaya berkomunikasi sesuai dengan umur dan tingkat pengembangan
Ø  Variasi usia seperti olahragawan usia muda atau anak-anak, orangtua atau dewasa
Ø  Keadaan sensor seperti penglihatan dan pendengaran
Ø  Kebijakan dan kode etik pelatih

4

Teori umum melatih

Ø  Pengulangan
Ø  Sistematis
Ø  Daya tahan
Ø  Pembebanan

5

 

Metode melatih dan modifikasi

 

Ø  Metode kelas atau lapangan
Ø  Peragaan dan simulasi
Ø  Alat bantu pengajaran

6

Kesehatan dan keselamatan kerja
Ø  Peserta
Ø  Lingkungan
Ø  Personil pelatih
Ø  Kandungan program
Ø  Berlari, melempar dan loncat
Ø  Kegiatan-kegiatan yang dilarang dilakukan olahragawan
Ø  Fasilitas
Ø  Peralatan
 3.         Panduan Penilaian
             3.1.        Aspek Penting Penilaian
           3.1.1.   Penilaian harus mengkonfirmasikan kecukupan penguasaan pengetahuan terhadap penyusunan dan penerapan sistem latihan fisik umum dan khusus .
             3.1.2.   Penilaian terhadap unjuk kerja harus meliputi semua kategori yang termasuk dalam batasan variabel.
          3.1.3.   Penilaian harus mengkonfirmasikan kemampuan untuk menerapkan sistem latihan fisik  termasuk latihan fisik umum dan khusus bagi olahragawan.
3.2.      Pengetahuan Dan Keterampilan Yang Diperlukan
3.2.1.   Pengetahuan
a)    Pengetahuan mengenai sistem latihan fisik umum dan khusus
b)    Persiapan fisik yang diperlukan untuk mencapai keterampilan tingkat menengah
c)    Pengetahuan mengenai cara penyusunan dan penerapan sistem latihan fisik umum dan khusus
d)    Pengetahuan mengenai ilmu pertumbuhan dan karakteristik perkembangan fisik olahragawan untuk memaksimalkan kinerja olahragawan
e)    Pengetahuan mengenai ketentuan dan peraturan
f)     Pengetahuan mengenai peralatan, dan persyaratan keamanan peralatan
3.2.2.   Keterampilan
a)    Keterampilan untuk melaksanakan latihan, menyusun rencana latihan fisik umum dan khusus, dan sistem latihan
b)    Keterampilan dalam menyajikan materia pelajaran dan latihan secara efektif
c)    Keterampilan dalam berkomunikasi untuk menjamin materi latihan  dapat dimengerti oleh peserta
d)    Keterampilan dalam menerapkan peraturan  dalam proses latihan
e) Kemampuan untuk memperagakan keterampilan dan teknik-teknik , misalnya menggunakan peralatan atau media audio visual
f)   Kemampuan menerima umpan balik dan bertanya agar dapat melakukan modifikasi terhadap program latihan sesuai dengan hasil evaluasi umpan balik peserta
g)    Kemampuan melakukan observasi untuk menilai kinerja keterampilan peserta yang telah dicapai
h)    Kemampuan dalam mengelola kegiatan dan latihan untuk peserta
i)      Kemampuan mengelola resiko untuk menjamin keamanan peserta 
3.3.      Konteks Asesmen
3.3.1.  Unit kompetensi harus diujikan dalam konteks kegiatan sistem latihan fisik umum dan khusus bagi olahragawan. Untuk asesmen yang valid dan dapat dipercaya aktivitas asesmen harus mendekati lingkungan kerja yang sebenarnya misalnya di tempat yang menyediakan fasilitas latihan .
3.3.2.   Asesmen terhadap persyaratan-persyaratan dalam unit ini harus dilakukan dengan observasi terhadap proses dan prosedur, pertanyaan tertulis dan lisan, pengetahuan dan keterampilan.
3.3.3.   Jika penilaian kompetensi tidak dapat diobservasi secara langsung, maka data-data kompetensi harus dapat dibuktikan oleh teman, pengawas, peserta atau pihak terkait lainnya.

  • Share This:  
  •  Facebook
  •  Twitter
  •  Google+
  •  Stumble
  •  Digg

Related Posts:

  • Hambatan Melakukan Konsentrasi Atlet a.     Uraian Singkat Utamanya atlet perlu dibiasakan berfikir positif, diberi keyakinan bahwa dalam pertandingan nanti dirinya mampu… Read More
  • Standar BB & Ambang Batas Gizi … Read More
  • Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Ilmu pengetahuan berawal dari rasa ingin tahu mengenai suatu fenomena yang kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Rasa ingin tahu tersebut merangs… Read More
  • Alam Takambang jadi Guru Kaitkan semboyan „tut wuri handayani“ dan „alam takambang jadi guru“ dengan teori-teori J.Piaget, John Dewey dan J.J. Rousseau dalam pendidikan. Be… Read More
  • MENGELOLA PERUBAHAN, KONLFIK DAN BURNOUT Perubahan adalah suatu yang konstan dalam organisasi. Para manejer harus berpartisipasi dan menggunakan perubahan untuk mengarahkan kembali organisas… Read More
Newer Post Older Post Home

0 Comments:

Post a Comment

Followers

Popular Posts

  • MENGELOLA PERUBAHAN, KONLFIK DAN BURNOUT
    Perubahan adalah suatu yang konstan dalam organisasi. Para manejer harus berpartisipasi dan menggunakan perubahan untuk mengarahkan kembali...
  • Pukulan Oi-Tsuki & Metode Latihan
    Pukulan Oi-Tsuki merupakan teknik dasar pukulan yang wajib dikuasai siswa dengan benar. Teknik pukulan yang benar adalah teknik yang meng...

Translate

Pageviews

12513

Subscribe Here

Sign up here with your email.

Categories

  • Ilmu Melatih
  • Karate
  • Karateka
  • Kata Jion
  • Kerjurnas Forki
  • Kondisi Fisik
  • Optimalisasi Latihan Fisik Karate
  • Program Latihan
  • WKF
  • Home
  • About
  • Contact

Video Of Day

Social Plugin

  • facebook
  • twitter
  • pinterest
  • instagram
  • vk
  • youtube
  • instagram
  • youtube
  • whatsapp
  • rss

Fashion[oneright]

  • Ilmu Melatih
  • Karate
  • Karateka
  • Kata Jion
  • Kerjurnas Forki
  • Kondisi Fisik
  • Optimalisasi Latihan Fisik Karate
  • Program Latihan
  • WKF

Tag Cloud

  • Ilmu Melatih
  • Karate
  • Karateka
  • Kata Jion
  • Kerjurnas Forki
  • Kondisi Fisik
  • Optimalisasi Latihan Fisik Karate
  • Program Latihan
  • WKF

Categories

  • Ilmu Melatih 5
  • Karate 7
  • Karateka 7
  • Kata Jion 1
  • Kerjurnas Forki 2
  • Kondisi Fisik 6
  • Optimalisasi Latihan Fisik Karate 6
  • Program Latihan 1
  • WKF 6

Advertisement

Advertisement

About Me

  • Arie Asnaldi
  • Arie Asnaldi

Jurnal Berkarya

Jurnal Berkarya

Jurnal Humanities

Jurnal Humanities

IJKPE

IJKPE

Copyright © 2025 Yukan'na Shinju | Powered by Blogger
Design by Hardeep Asrani | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Distributed By Gooyaabi Templates